SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Sabtu, 03 Desember 2011

1.Model Dan Desain database



Desain database adalah proses menghasilkan rinci model data dari sebuah basis data . Ini data model logis mengandung semua pilihan desain diperlukan logis dan fisik dan parameter penyimpanan fisik yang diperlukan untuk menghasilkan desain dalam Data Definition Language , yang kemudian dapat digunakan untuk membuat database. Sebuah model data sepenuhnya disebabkan rinci berisi atribut untuk setiap entitas.
Istilah desain database dapat digunakan untuk menggambarkan bagian-bagian yang berbeda dari desain sebuah keseluruhan sistem database . Pada prinsipnya, dan paling benar, dapat dianggap sebagai desain logis dari struktur basis data yang digunakan untuk menyimpan data. Dalam model relasional ini adalah tabel dan pandangan . Dalam objek database dan hubungan entitas peta langsung ke kelas objek dan hubungan bernama. Namun, istilah desain database juga dapat digunakan untuk menerapkan proses merancang keseluruhan, bukan hanya struktur data base, tetapi juga bentuk dan query yang digunakan sebagai bagian dari aplikasi database secara keseluruhan dalam sistem manajemen database (DBMS)

Model Data REA

Dalam enam langkah proses desain database, pembuatan model data dilakukan di langkah kedua dan ketiga. Menurut Romney, model data REA secara khusus digunakan dalam desain database AIS sebagai alat pembuatan model konseptual yang fokus pada aspek semantik bisnis yang mendasari aktivitas-aktivitas dalam value chain suatu organisasi. Model data REA mengklasifikasikan entitas ke dalam tiga kategori, yaitu sumber daya (resources) yang didapat dan dipergunakan perusahaan, kegiatan (event) atau aktivitas bisnis yang dilakukan perusahaan, dan pelaku (agent) yang terlibat dalam kegiatan tersebut.
Lebih lanjut resources adalah hal-hal yang memiliki nilai ekonomi  bagi organisasi (misal: kas, persediaan), event adalah aktivitas bisnis yang informasinya ingin dikumpulkan perusahaan untuk tujuan perencanaan dan pengendalian (misal: penjualan, penerimaan kas), dan agent adalah Orang-orang dan organisasi yang terlibat dalam kegiatan yang informasinya ingin didapatkan untuk tujuan perencanaan, pengendalian, dan evaluasi

 

 
 Terdapat empat langkah dalam membangun diagram REA siklus transaksi, yaitu :

  1. Identifikasi pasangan kegiatan pertukaran ekonomi yang mewakili hubungan dualitas dasar memberi untuk menerima, dalam siklus tersebut.
  2. Identifikasi sumber daya yang dipengaruhi oleh setiap kegiatan pertukaran ekonomi dan para pelaku yang terlibat dalam kegiatan tersebut.
  3. Analisis setiap kegiatan pertukaran ekonomi untuk menetapkan apakah kegiatan tersebut harus dipecah menjadi suatu kombinasi dari satu atau lebih kegiatan komitmen dan kegiatan pertukaran ekonomi. Apabila perlu, ganti kegiatan pertukaran ekonomi aslinya dengan rangkaian kegiatan komitmen dan pertukaran ekonomi
  4. Tetapkan kardinalitas setiap hubungan 


Contoh Kasus REA

Kegiatan penjualan dapat dipergunakan untuk mewakili baik penjualan dengan pengiriman maupun yang terjadi di toko. economic exchange event

referensi :
  • wikipedia 

  • http://martdiko.blogspot.com
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar