AKUNTANSI
Akuntansi merupakan bahasa bisnis
Sebagai bahasa bisnis akuntansi menyediakan cara untuk menyajikan dan meringkas kejadian-kejadian bisnis dalam bentuk informasi keuangan kepada pemakainya
Informasi akuntansi terdiri dari 2:
informasi akuntansi keuangan dan
informasi akuntansi manajerial
PEMAKAI AKUNTANSI
Internal : pihak manajer dari berbagai tingkatan dalam organisasi bersangkutan
Eksternal : pemegang saham, investor, kreditor, pemerintah, pelanggan, pemasok, pesaing, serikat kerja dan masyarakat
DEFINISI SISTEM
Rangkaian dari 2 atau labih komponen-komponen yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan
DEFINISI SISTEM INFORMASI
Suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen- komponen dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan informasi
Sekumpulan prosedur organisasi yang pada saat dilaksanakan akan memberikan informasi bagi pengambil keputusan dan/atau untuk mengendalikan organisasi
Suatu sistem didalam suato organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan
DEFINISI SIA
sebuah sistem informasi akuntansi yang merubah data transaksi bisnis menjadi informasi keuangan yang berguna bagi pemakainya
TUJUAN SIA
mendukung operasi-operasi sehari-hari
mendukung pengambilan keputusan manajemen
memenuhi kewajiban yang berhubungan dengan pertanggungjawaban
SIA melaksanakan 4 tugas dasar :
1. Pengumpulan data
2. Manipulasi data
pengklasifikasian, penyotiran, perhitungan, pengikhtisarian, penyiapan dokumen.
3. Penyimpanan data
4. Penyiapan data
Karakteristik SIA
5 karakteristik pengolahan data yang membedakan SIA dengan subsistem CBIS yang lain:
1. Melaksanakan tugas yang diperlukan
2. Berpegangan pada prosedur yang relative standar
3. Menangani data yang rinci
4. Terutama berfokus historis
5. Menyediakan informasi pemecahan masalah
KOMPONEN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Orang-orang yang mengoperasikan sistem tersebut
Prosedur-prosedur, baik manual maupun terototomatisasi yang dilibatkan dalam mengumpulkan, memproses dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas organisasi
Data tentang proses-proses bisnis
Software yang dipakai untuk memproses data organisasi
Infrastruktur teknologi informasi
FUNGSI SIA DALAM ORGANISASI
Mengumpulkan dan menyimpan aktivitas yang dilaksanakan disuatu organisasi, sumber daya yang dipengaruhi oleh aktivitas-aktivitas tersebut dan para pelaku dalam aktivitas tersebut
Mangubah data dalam menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen
Menyediakan pengendalian yang memadai
AKTIVITAS DALAM RANTAI NILAI ORGANISASI
Inbound Logistics : penerimaan, penyimpanan dan distribusi bahan-bahan masukan
Operasi : aktivitas untuk mengubah masukan menjadi barang dan jasa
Outbound Logistics : distribusi produk ke pelanggan
Pemasaran dan Penjualan
Pelayanan : Dukungan purna jual dan maintenance
RANTAI SUPLAY
Bahan Mentah Pemasok
Pabrik
Distributor
Pengecer
Konsumen
CARA SIA MENAMBAH NILAI ORGANISASI
Memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya untuk menghasilkan produk dan jasa
Memperbaiki Efisiensi
Memperbaiki Pengambilan Keputusan
Berbagi Pengetahuan
Perbedaan SIM, EDP/SIA, SPK.
Sim
Focus pada pengorganisasian informasi dari perusahaan
Alur informasi terstruktur
Aktifitas :Tanya jawab & penyusunan laporan
SPK
Mengkhususkan pada pengambilan keputusan dari para manajer tingkat atas
Menekankan pada fleksibilitas, adaptibilitas & mampu member respon dengan cepat
User memiliki control penuh dalam berinteraksi
EDP/SIA
Fokus pada data
Proses transaksi yang efisien
Mengitegrasi file-file dari pekerja sejenis
Membuat ringkasan untuk laporan bagi manajemen
DATA
Data mengarah pada fakta-fakta yang kita kumpulkan, simpan dan proses dengan sistem informasi
Misal untuk penjualan, data yang perlu dikumpulkan adalah:
Fakta mengenai kejadian-kejadian (tanggal penjualan, jumlah, dll)
Sumber data (identitas barang dan jasa, harga per unit, dll)
Para pelaku (identitas pelanggan dan penjual produk)
INFORMASI
Data yang telah diatur dan diproses untuk memberikan arti
Karakteristik informasi yang berguna:
Relevan
Andal
Lengkap
Tepat waktu
Dapat dipahami
Dapat diverifikasi
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Langkah Pengambilan Keputusan:
Identifikasi Masalah
Pemilihan metode pemecahan masalah
Mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk melaksanakan model keputusan tersebut
Mengimplementasikan model tersebut
Mengevaluasi sisi positif dari tiap alternatif yang ada
Melaksanakan solusi terpilih
STRUKTUR KEPUTUSAN
Keputusan Terstruktur
Berulang-ulang
Rutin
Mudah dipahami
Contoh : Memberi Kredit ke pelanggan lama
Sering diotomatisasi
Keputusan Semi Terstruktur
Peraturan yang tidak lengkap
Kebutuhan untuk membuat penilaian dan pertimbangan subyektif
Contoh : Menetapkan anggaran pemasaran
Menggunakan DSS
Kaputusan Tidak Terstruktur
Tidak berulang dan rutin
Tidak ada model untuk memecahakan masalah ini
Butuh intuisi
Daftar pustaka
Diklat gunadarma pengantar system informasi
Modul system informasi akuntansi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar