SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Senin, 10 Januari 2011

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA)

AKUNTANSI
 Akuntansi merupakan bahasa bisnis
 Sebagai bahasa bisnis akuntansi menyediakan cara untuk menyajikan dan meringkas kejadian-kejadian bisnis dalam bentuk informasi keuangan kepada pemakainya
 Informasi akuntansi terdiri dari 2:
 informasi akuntansi keuangan dan
 informasi akuntansi manajerial
PEMAKAI AKUNTANSI
 Internal : pihak manajer dari berbagai tingkatan dalam organisasi bersangkutan
 Eksternal : pemegang saham, investor, kreditor, pemerintah, pelanggan, pemasok, pesaing, serikat kerja dan masyarakat
DEFINISI SISTEM
Rangkaian dari 2 atau labih komponen-komponen yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan
DEFINISI SISTEM INFORMASI
 Suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen- komponen dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan informasi
 Sekumpulan prosedur organisasi yang pada saat dilaksanakan akan memberikan informasi bagi pengambil keputusan dan/atau untuk mengendalikan organisasi
 Suatu sistem didalam suato organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan
DEFINISI SIA
sebuah sistem informasi akuntansi yang merubah data transaksi bisnis menjadi informasi keuangan yang berguna bagi pemakainya
TUJUAN SIA
 mendukung operasi-operasi sehari-hari
 mendukung pengambilan keputusan manajemen
 memenuhi kewajiban yang berhubungan dengan pertanggungjawaban
SIA melaksanakan 4 tugas dasar :
1. Pengumpulan data
2. Manipulasi data
pengklasifikasian, penyotiran, perhitungan, pengikhtisarian, penyiapan dokumen.
3. Penyimpanan data
4. Penyiapan data
Karakteristik SIA
5 karakteristik pengolahan data yang membedakan SIA dengan subsistem CBIS yang lain:
1. Melaksanakan tugas yang diperlukan
2. Berpegangan pada prosedur yang relative standar
3. Menangani data yang rinci
4. Terutama berfokus historis
5. Menyediakan informasi pemecahan masalah
KOMPONEN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
 Orang-orang yang mengoperasikan sistem tersebut
 Prosedur-prosedur, baik manual maupun terototomatisasi yang dilibatkan dalam mengumpulkan, memproses dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas organisasi
 Data tentang proses-proses bisnis
 Software yang dipakai untuk memproses data organisasi
 Infrastruktur teknologi informasi
FUNGSI SIA DALAM ORGANISASI
 Mengumpulkan dan menyimpan aktivitas yang dilaksanakan disuatu organisasi, sumber daya yang dipengaruhi oleh aktivitas-aktivitas tersebut dan para pelaku dalam aktivitas tersebut
 Mangubah data dalam menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen
 Menyediakan pengendalian yang memadai
AKTIVITAS DALAM RANTAI NILAI ORGANISASI
 Inbound Logistics : penerimaan, penyimpanan dan distribusi bahan-bahan masukan
 Operasi : aktivitas untuk mengubah masukan menjadi barang dan jasa
 Outbound Logistics : distribusi produk ke pelanggan
 Pemasaran dan Penjualan
 Pelayanan : Dukungan purna jual dan maintenance


RANTAI SUPLAY
 Bahan Mentah Pemasok
 Pabrik
 Distributor
 Pengecer
 Konsumen
CARA SIA MENAMBAH NILAI ORGANISASI
 Memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya untuk menghasilkan produk dan jasa
 Memperbaiki Efisiensi
 Memperbaiki Pengambilan Keputusan
 Berbagi Pengetahuan



Perbedaan SIM, EDP/SIA, SPK.
 Sim
 Focus pada pengorganisasian informasi dari perusahaan
 Alur informasi terstruktur
 Aktifitas :Tanya jawab & penyusunan laporan

 SPK
 Mengkhususkan pada pengambilan keputusan dari para manajer tingkat atas
 Menekankan pada fleksibilitas, adaptibilitas & mampu member respon dengan cepat
 User memiliki control penuh dalam berinteraksi

 EDP/SIA
 Fokus pada data
 Proses transaksi yang efisien
 Mengitegrasi file-file dari pekerja sejenis
 Membuat ringkasan untuk laporan bagi manajemen

DATA
 Data mengarah pada fakta-fakta yang kita kumpulkan, simpan dan proses dengan sistem informasi
 Misal untuk penjualan, data yang perlu dikumpulkan adalah:
 Fakta mengenai kejadian-kejadian (tanggal penjualan, jumlah, dll)
 Sumber data (identitas barang dan jasa, harga per unit, dll)
 Para pelaku (identitas pelanggan dan penjual produk)
INFORMASI
 Data yang telah diatur dan diproses untuk memberikan arti
 Karakteristik informasi yang berguna:
 Relevan
 Andal
 Lengkap
 Tepat waktu
 Dapat dipahami
 Dapat diverifikasi
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
 Langkah Pengambilan Keputusan:
 Identifikasi Masalah
 Pemilihan metode pemecahan masalah
 Mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk melaksanakan model keputusan tersebut
 Mengimplementasikan model tersebut
 Mengevaluasi sisi positif dari tiap alternatif yang ada
 Melaksanakan solusi terpilih
STRUKTUR KEPUTUSAN
 Keputusan Terstruktur
 Berulang-ulang
 Rutin
 Mudah dipahami
 Contoh : Memberi Kredit ke pelanggan lama
 Sering diotomatisasi
 Keputusan Semi Terstruktur
 Peraturan yang tidak lengkap
 Kebutuhan untuk membuat penilaian dan pertimbangan subyektif
 Contoh : Menetapkan anggaran pemasaran
 Menggunakan DSS
 Kaputusan Tidak Terstruktur
 Tidak berulang dan rutin
 Tidak ada model untuk memecahakan masalah ini
 Butuh intuisi
Daftar pustaka
 Diklat gunadarma pengantar system informasi
 Modul system informasi akuntansi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar